Wednesday, August 5, 2009

Kakinya Indah Sakit

Siang ini, jam 11an lah, ban motor pecah... tiba-tiba aja gitu. Mungkin emang udah umurnya, jadi harus diganti. Acaranya kemudian nuntun motor mpe bengkel terdekat, buat ganti ban baru. Nyampe disitu, yang aku liat, bukan seorang montir yang udah berumur, tapi bocah masih belasan tahun. Terampil banget bongkar pasang ban motorku (aku sendiri aja belum tentu bisa). 15 menit selesai, dan kemudian aku meluncur ke Jakal, buat bikin stiker laptop.

Yang aku pikirin, bocah tadi. Kok dia kagak sekolah ya? ato kursus gitu... ya emang persoalan di negeri ini tentang pendidikan gak habis-habisnya. Slogan "sekolah gratis" cuma pas kampanye aja, ato cuma iklan selingan di TV. Nyatanya???
Juga anak-anak ABG, yang suka dateng di acara Derings ato Inbox ato apalah acara musik di pagi hari... kalo diliat dari muka, masih wajah SMP/SMA, kok malah nongkrong disitu? Apa gak sekolah juga? Perlu deh kayaknya sekali-kali diwawancara penontonnya.

Tapi, aku yakin deh, kalau bocah di bengkel tadi, gak pengen hidupnya kayak gitu. Dia pasti juga terpaksa ngelakuin pekerjaan itu. Nah, mpe disini, aku juga mikir, kalo gak ada orang yang mau jadi montir, berkotor-kotoran dengan debu, oli, bensin di kuku-kuku jari tangannya, terus sapa donk yang mau benerin kalo ada ban bocor, mau service motor, atau isi angin ban? Kalo semua orang pengen berdasi tiap pagi, ke kantor yang ada ACnya, ada komputer ato laptop di atas mejanya, siapa donk yang bersihin jalan, buang sampah ke TPA, ato sedot septic tank di rumah-rumah? Kalo semua orang pengen jadi artis, siapa dunk yang megang kamera, jadi operator di ruang broadcast, ato jadi cleaning service di studionya?

Hidup memang udah diatur sedemikian adanya oleh Tuhan, makanya harusnya kita bersyukur sama peran yang udah Dia percayakan buat kita ngelakuinnya. Tanpa sosok seorang figuran, sebuah film mahakarya juga gak bakal jadi bagus kan?
Kalo gak salah, ada iklan produk teh bilang gini, "tidak ada peran kecil, selama kita memberikan yang terbaik, dengan tenaga dan pikiran kita".

No comments:

Post a Comment