Tuesday, September 21, 2010

'Vic' for 'Victor'

Nama saya Victor Hasiholan. Nama panggilan saya 'Vic', bukan 'Vik'!

Mungkin kelihatannya sepele, hanya beda huruf 'c' dan 'k'. Tetapi buat saya pribadi, hal ini sangat penting. Pertama, arti nama 'Victor' adalah 'menang'. Kalau diganti menjadi 'Viktor', gak ada artinya sama sekali. Kedua, saya lebih menghargai seseorang yang mengirimkan pesan teks (SMS, email, dsb) dengan sapaan 'Vic' daripada 'Vik'. Jadi, untuk "mempromosikan" nickname saya itu, saya mengganti email saya menjadi: vic.hasiholan@gmail.com dan account twitter saya menjadi @vic_hasiholan. Agar nama 'Vic' lebih diingat oleh orang-orang di sekitar saya. Juga saya ingin "meresmikan" nickname 'Vic' sebagai nama pena saya.

Menyenangkan rasanya sudah menemukan nickname/nama pena yang sesuai. Jika diingat-ingat ke belakang, saya pernah mempunyai banyak nama alias. Saat SMA, saya menggunakan nickname "VCR" saat mural atau coret-coret tembok :D
Saat di penghujung SMA, saya menggantinya menjadi "VHS", singkatan nama lengkap saya. Lalu di awal kuliah, nickname saya ganti lagi menjadi "badboys". Entah kenapa, saat itu saya sangat suka sekali nonton film dengan judul yang sama. Tidak lama kemudian, saya mengubahnya lagi menjadi "iceman", karena katanya saya orangnya "dingin". Tapi karena nickname "iceman" sudah jamak digunakan, sudah dipakai juga oleh teman saya Kimi Raikkonen, saya ganti lagi menjadi "ice9". Selain karena angka '9' adalah tanggal lahir saya, alasan lainnya karena pelafalannya mirip: "icenine". Nickname ini bertahan lumayan lama, bahkan hingga beberapa bulan yang lalu.

Itulah sebabnya, selama ini saya juga sudah beberapa kali mengganti alamat email. Dari mulai "vh_badboys@yahoo.com" (masih digunakan untuk YM), kemudian berganti menjadi "vh_iceman@yahoo.com" dan "vh.badboys@gmail.com, lalu berubah lagi menjadi "victor.hasiholan@arsenal.or.id" dan "ice9.mobile@gmail.com". Yang terakhir masih saya gunakan karena sudah terlanjur tersebar kemana-mana (juga digunakan di beberapa web social network saya pribadi).

Beberapa keluhan teman (yang menganggapnya sulit dingat karena aneh), ditambah alasan saya ingin mempunyai alamat email yang lebih "formal", akhirnya hari ini saya menggantinya. Lagipula nama 'Vic' katanya lebih catchy. Lebih mudah diingat. Mungkin seperti nama 'Dee' alias Dewi Lestari :D

Itulah sebab-sebab saya akhirnya mengganti alamat email dan account twitter milik saya pribadi. Seterusnya, mungkin akan tetap saya gunakan (belum berpikir untuk ganti lagi). Lagipula cape juga kalau berganti terus-menerus. Sama seperti nomor ponsel saya yang sudah enam (6) tahun saya gunakan (hanya pernah ganti sekali), semoga email saya yang sekarang akan terus saya pakai hingga puluhan tahun mendatang (selama Google masih eksis dan internet masih ada).

Kata seorang teman: orang yang suka gonta ganti nomor ponsel dan alamat emailnya itu menandakan dirinya enggak penting.

Karena saya ingin menjadi orang penting, makanya saya ingin belajar untuk tetap setia menggunakan nomor dan alamat email yang sama. Semoga bisa.


*) tulisan ini juga untuk mengklarifikasi riwayat alamat email yang pernah saya gunakan.

No comments:

Post a Comment