Tuesday, May 18, 2010

Catatan Yang Ditemukan: Masa SMA

Masa SMA adalah masa yang paling indah dalam hidup ini. Sangat sangat indah. "Masa-masa remaja yang terindah, tak bisa terulang..."

Sudah cukup dewasa untuk mulai tahu dan memahami banyak hal, tetapi masih terlalu kecil untuk berpikir banyak tentang dinamika dan kesulitan sebuah kehidupan. Tidak ada beban, begitu katanya.

Tapi sekarang, itu semua sudah berakhir...

Kamu, dia, mereka ... semuanya yang pernah kita tahu, akan pergi. Beberapa akan berpisah untuk waktu yang lama, mengejar mimpi dan cita-citanya. Sampai waktu reuni yang mengumpulkan semuanya kembali, kita semua akan berjuang. Beberapa akan pergi untuk menjadi dokter, menemukan obat untuk penyakit-penyakit baru di dunia. Beberapa pergi ke pelatihan militer, menjadi garda depan bangsa dan negaranya. Yang lain, menjadi seorang direktur, pengacara, manager, dan orang-orang yang berguna.

Meskipun beberapa diantaranya, tidak seberuntung teman-temannya. Masa SMA adalah akhir dari perjalanan mengejar impiannya. Segalanya, setelah masa-masa SMA, akan menjadi biasa-biasa saja.

Tapi apapun itu, apapun yang terjadi setelah "masa terindah" terlewati, ber-semangat-lah. Apapun itu, lakukanlah. Apapun itu, kejarlah. Ini semua bukanlah akhir dunia. Tidak ada hidup yang biasa-biasa saja. Saat manusia bisa bermimpi melangkah di bulan, hal itulah yang terjadi kemudian. Bermimpilah, langit adalah batasnya.

Saat kita, anak-anak muda, "penyu-penyu kecil" dari SMA, yang mulai berlari pelan meninggalkan pantai, menuju lautan yang luas dan dipenuhi ombak yang dahsyat, itulah sebenarnya kehidupan "seekor penyu kecil" untuk belajar menjadi "seekor penyu dewasa." Ada kehidupan yang luar biasa di sana, di lautan yang ganas, jauh dari bibir pantai yang hangat dan nyaman.

Bermimpilah.. berlarilah.. raihlah.. hingga saatnya nanti, kita berkumpul kembali.. di pantai ini, untuk "menelurkan" kembali, generasi muda bangsa ini.

Sagan Satu Jogja, 24 Februari 2004
Victor Hasiholan (3 IPA 3 / 7382)

No comments:

Post a Comment