Monday, May 17, 2010

Aku Bosan

Kepada: Jenderal Bintang 4 (SS) Jonathan P. Antonio

Aku sudah bosan dengan saya. Aku ingin menjadi diri sendiri. Aku terkadang ingin melakukan hal gila seperti mereka. Menembak M-60 ke udara tanpa sasaran, melakukan manuver dengan Squadron SS-1 sambil menjatuhkan C60 ke daerah lawan, atau melemparkan satchel charge ke truk berisi 1 kompi personel. Aku sudah bosan menjadi saya, yang segalanya diatur dengan protokol. Kadang aku ingin melepaskan tanda pangkat di pundak saya, dan melakukan hal-hal menyenangkan seperti para prajurit tingkat pertama.

Aku bosan menjadi saya, yang selalu berusaha memahami situasi. Tapi saya sebenarnya juga ingin dipahami situasinya. Aku tahu itu. Oleh karenanya, aku bosan dengan saya. Aku tidak bebas karena saya.

Aku terkadang hanya ingin menjadi diri sendiri saja. Seperti saat aku menjadi pemimpin regu Snaps, dan menghabisi manusia di satu pulau yang memang ingin dihancurkan. Aku menikmati itu semua, saat aku menjadi seorang Sersan, bukan seperti sekarang, saya menjadi seorang staf salah satu komando penting, menjadi perwira menengah, seorang Letnan Kolonel. Ya, Letkol, bukan Kolonel seperti yang selama ini mereka tahu. Saya seorang Letkol dengan lencana seorang Jenderal Bintang 1. Aneh? Ya, mereka yang tidak tahu juga berkata saya aneh. Tapi aku tidak sependapat.

Terkadang usia tidak mencerminkan pangkat seseorang. Bisa lebih tinggi atau rendah. Entahlah, bukan aku atau saya yang membuat aturan itu semua.

Aku hanya bosan menjadi saya. Aku ingin menjadi aku, yang bosan dengan memahami, yang muak dengan basa-basi, tidak seperti yang dilakukan saya selama ini.

Signs,

Letkol. (SS) Victor Hasiholan
(2nd command in middle earth)

No comments:

Post a Comment