Thursday, February 4, 2010

Tuhan Itu Wangi

NKB 197 : 3
Meski tumpuanku pada Yesus, Tuhanku,
tidaklah aku jauh dari susah dan keluh


Pada saat aku denger lagu dari NKB itu, saat itulah aku ngerasa bahwa Tuhan sedang berbicara denganku. Sebenarnya, setelah aku renungkan, sudah berulangkali Tuhan berbicara denganku. Aku adalah orang yang hidupnya sering jauh dari Tuhan. Aku deket ama Dia cuma pas aku lagi seneng aja, kalo pas lagi susah ato kecewa aku kembali lagi pada ’hidup duniawi’ku. Jadi boleh dibilang aku adalah orang yang cuman mau enaknya aja, cuman mau berkatNya aja, tapi pas Dia ngasih sebuah ’tantangan’ buat aku lewatin, aku mulai mundur dariNya. Aku memang bukan Ayub yang berkata, ”Apakah kita mau menerima yang baik dari Allah, tetapi tidak mau menerima yang buruk?” (Ayub 2:10).
Aku orang yang egois, mau menangnya sendiri. Kalo aku pengen ini, pokoknya harus! Gak boleh enggak! Jadi, aku pengennya pas aku lagi punya masalah, aku langsung ditolong ama Dia tanpa harus berpikir atau bertindak untuk menyelesaikan masalahku. Langsung ’simsalabim’, semuanya beres. Terus, aku juga pengennya Tuhan tuh mau menampakkan diriNya ama aku (kayak kisah-kisah di Alkitab, Musa, Elia, Paulus), bisa aku ajak ngobrol kayak aku lagi ngomong ama temenku. Tapi, aku selama ini merasa kalo Tuhan itu ’bisu’, setiap aku berdoa atau pas lagi cerita atau curhat ama Dia, aku gak pernah denger suaraNya secara langsung. Aku cuma melakukan monolog sama Dia. Jujur, aku pernah nganggep Dia tuh gak ada, nganggep Tuhan tuh cuma khayalan ato fantasi dari jutaan manusia yang percaya bahwa Dia ada. Yah, pokoknya waktu itu aku berpikir kalo Tuhan tuh cuma ’omong kosong’.

Saat itu aku lagi down banget, aku lagi ngadepin banyak banget masalah. Tapi karena aku orangnya punya ego yang gede, aku gak pernah mau cerita ke orang lain tentang masalahku ato minta bantuan ke orang lain termasuk sama keluargaku. Jadi waktu itu aku cuma mengunci diri dalam kamar, nangis sejadi-jadinya, dan...cerita semua yang aku hadapin ama Dia. Memang sih, setelah aku selesai ngomong panjang lebar ke Dia, aku saat itu ngerasa agak lega. Tapi masalahnya gak selesai sampe disitu, esoknya masalah kembali datang. Dan saat itu aku ngerasa bahwa Tuhan itu gak ada, Tuhan tuh sibuk ama urusanNya sendiri, kemudian aku berpikir bahwa Tuhan tuh gak sayang ama aku. Kalo Bruce Nolan bilang, ”Tuhan tuh seperti anak kecil dengan kaca pembesarnya yang pura-pura memperhatikan aku, tetapi sebenarnya Dia juga sedang menyiksa aku” (’Bruce Almighty’ movie). Tiga hari berikutnya, aku benar-benar jauuuh dariNya. Aku mulai hidup dengan jalan pikiranku sendiri, gak pernah doa lagi pas makan (apalagi saat teduh), dan mulai mengasihani diriku sendiri.

Tapi aku gak pernah berpikir bahwa pada saat-saat itu sebenarnya Tuhan sedang menjawab semua masalahku. Dalam tiga hari, Tuhan selesaikan semuanya! Dan hal itulah yang aku tidak sadari selama tiga hari itu. Dan puji Tuhan, Tuhan gak membiarkan aku lebih lama lagi dalam kesendirianku, karena jujur aja selama tiga hari itu aku ngerasa ada yang hilang dalam hidupku. Aku memang belum pernah punya pacar, tapi mungkin saat itu yang aku rasakan kayak seseorang yang lagi putus sama pacar, atau kayak seseorang yang lagi marahan sama kekasihnya.

Seperti biasanya, setelah pulang kuliah aku langsung tidur sambil dengerin MP3 pake WinaMP3. Dan saat itulah Tuhan ’berkunjung’ ke kamar kostku. Mulanya, komputerku secara kebetulan (atau memang sudah rencana Tuhan) muter lagunya Audy yang berjudul ”Lupakah Engkau”. Tapi aku gak ngerasain waktu itu, kalo saat itu ada kehadiran ’seseorang’ yang ada di kamarku selain aku sendiri. Aku memang gak percaya sama hantu, setan atau roh-roh gentayangan yang katanya sering dilihat sama orang-orang. Aku cuma tahu hantu, setan, atau roh-roh gentayangan itu cuma iblis yang nyamar buat nakut-nakutin. Aku dulu pernah liat di sebuah majalah kristiani, ada gambar seekor iblis yang pake baju pocong buat nakut-nakutin orang yang lewat di kuburan pada malam hari, dan yang lucu lagi di bajunya ada tulisan ’Made in China’...dan karena gambar itulah aku ampe sekarang gak percaya kalo ada mayat yang bisa hidup lagi, atau roh-roh penasaran yang gentayangan buat nakut-nakutin orang. Lagian, roh yang pada kita jauuuh lebih besar dari semua roh yang ada di dunia ini!!! Iya gak? Kembali lagi ke yang tadi... pas lagunya Audy diputer, aku mencium bau yang wangi, kayak wangi parfumnya seorang cewek. Jadi aku mikirnya pasti temen kostku lagi ada temen ceweknya yang dateng. Tapi semakin aku cium, wanginya semakin buat aku nyaman.

Dan saat itulah, aku mulai tertidur.

Pokoknya, aku gak tahu lagi...pas aku tidur ato aku cuma berbaring (yang jelas aku ngerasa ada yang gak beres sama jiwaku) lagunya Audy mulai terdengar ”lupakah engkau ada Dia yang mengasihi dirimu, lupakah engkau ada Dia yang setia menemanimu, di saat engkau terjatuh...” kira-kira gitu yang aku denger saat itu. Dan lirik lagu itu mulai terus terngiang di telingaku, dan kemudian ada sesuatu yang ngomong dalam hatiku dan mulailah aku ngerasa aku gak sedang ada di kamarku lagi... Dan saat itu aku percaya kalo Tuhan sedang berbicara sama aku!!! Pas aku terbangun, ternyata sudah 3 jam aku tidur. Padahal sepertinya baru 5 menit aku tertidur. Kemudian, aku mulai puter lagi lagunya Audy dan aku dengerin liriknya... dan mulai saat itu aku mulai yakin lagi akan ’ada’nya Tuhan!

Aku mulai lagi perbaiki hubunganku ama Dia, sampe sekarang... dan saat aku mulai dapet masalah aku tinggal ngomong aja ke Dia, gak peduli aku lagi di jalan, di kampus, lagi mandi, atau pas lagi berbaring di atas tempat tidur. Karena aku yakin, Tuhan tuh gak jauh... Dia selalu ada disampingku, dimanapun aku berada atau disaat kapanpun juga. Tuhan tuh kayak matahari, gak bisa kita liat atau kita sentuh, tapi bisa kita lihat sinarnya, dan bisa kita rasakan hangat sinarnya. Dan satu lagi, Tuhan bisa berbicara pada kita lewat apa aja, lewat perkataan yang kita denger dari orang lain secara sengaja atau tidak, lewat apa yang kita lihat, lewat alam, atau bahkan lewat lagu yang kita dengarkan... dan yang jelas Tuhan tuh sayang ama kita dan gak mau kita jauh dari Dia.

Dan sampe sekarang aku masih sering denger ada suara yang berkata-kata di telingaku, dan terkadang aku masih sering mencium wangi parfumNya...

********/*******
McD Mall Malioboro,
di suatu malam yang sangaaat indah :-)

2 comments: